Wednesday 3 February 2016

Perbedaan Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan

Kali ini saya akan membahas perbedaan diantara 3 Jurusan yang mungkin orang awam berpikir nya 3 jurusan tersebut sama, padahal beda.. oke kita bahas disini yaa 👍


Teknik Pertambangan


Sesuai dengan namanya Program Studi (prodi) Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral berharga dan batubara. Untuk melakukan proses penambangan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti ilmu tentang mineral yang akan ditambang, misalnya sifat mineral yang akan ditambang, kegunaannya, cara mengolahnya agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia ataupun sebagai sumber energi. Di jurusan ini kita juga belajar ekplorasi, perencanaan tambang, pengolahan, manajemen tambang, reklamasi, permodelan dengan software.

Ketika kita akan menambang suatu material maka selain mengetahui hal-hal penting yang telah disebutkan diatas, perlu diketahui pula apakah proses penambangan yang akan dilakukan itu menguntungkan atau tidak. Seperti sifat mineral, kegunaannya, cara menambangnya, juga cara mengolahnya agar bisa dipergunakan oleh manusia harus diperhitungkan sisi ekonominya. Oleh sebab itu, pada prodi Teknik Pertambangan, teman-teman juga akan mempelajari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan proses penambangan mineral.
Dalam proses penambangan, ada tiga hal utama yang dilakukan yaitu: pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Dan dalam pertambangan 3 hal penting lain nya yaitu: eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan.
Pada intinya prodi Teknik Pertambangan akan mempelajari bagaimana cara mengambil mineral berharga se-ekonomis mungkin.



Teknik Geologi

Teknik Geologi, bukan jurusan yang popular tapi prospektif. Jurusan ini memang sangat tidak populer, mungkin sekarang sudah sedikit lebih dikenal semenjak para ahli geologi mulai muncul di TV, khususnya pada saat kehebohan bencana gunung merapi, tragedi lumpur sidoarjo, gempabumi, tsunami, bahkan fenomena situs purbakala gunung padang, runtuh nya terowongan freeport. Seorang geologist dapat menentukan/memperkirakan keberadaan lokasi suatu cebakan mineral, minyak bumi, gas bumi, maupun panas bumi. Geos (Bumi) Logos (ilmu), secara sederhana Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, wilayah yang dipelajari mulai dari inti bumi sampai kerak bumi (litosfer). Geologi tidak bisa lepas dari ilmu dasar yang lain, seperti fisika, kimia, biologi, matematika dan kalau boleh saya tambahkan geologi sangat bermain dengan logika. Di luar sana, geologi masuk di dalam fakultas Earth Sciene (MIPA), dan ahli geologi disebut sebagai scientist, sedangkan di Indonesia, geologi masuk kedalam ilmu terapan, sehingga untuk saat ini semua jurusan geologi di Indonesia berada dibawah fakultas teknik, dan lulusannya pun disebut sebagai engineer atau Sarjana Teknik. Geologi terbagi lagi dari beberapa bidang yaitu:ekstraksi, mitigasi, dan perencanaan wilayah.



Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan jurusan yang mempelajari pengolahan dan eksploitasi minyak bumi, gas alias bahan tambang berbentuk non padat, dan juga geothermal. Di jurusan ini menerapkan aplikasi lapangan dari fisika, matematika, geologi, kimia, dan berbagai ilmu lain nya untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, hingga mendistribusikan minyak dan gas yang ada didalam bumi.
Reservoir , merupakan tempat hidrokarbon berada di bawah permukaan bumi. Jangan dibayangkan bahwa ada semacam danau atau empang dibawah sana. Hidrokarbon dibawah sana terperangkap dalam pori batuan dan menempel pada permukaan batuan, dan dikelilingi oleh jenis batuan lainya yang kedap, sehingga sangat jarang ada hidrokarbon yang bisa keluar sendiri ke permukaan. Pengeboran merupakan kegiatan untuk membuat lubang dari permukaan sampai pada kedalaman tertentu dimana batuan sumber hidrokarbon itu berada. Produksi merupakan kegiatan mengalirkan hidrokarbon dari reservoir sampai pada permukaan. Setelah hidrokarbon sampai di permukaan, hidrokarbon ini akan segera dialirkan ke fasilitas permukaan, diantaranya adalah separator yang akan memisahkan antara minyak, air, dan gas (minyak yg diproduksi dapat memiliki kandungan air dan gas didalamnya), baru setelah itu masuk kedalam tangki penampungan utama sebelum dibawa ke tempat penyulingan (kilang). Ekonomi & Manajemen meliputi analisis pengelolaan suatu lapangan minyak secara menyeluruh.

3 comments:

  1. terima kasih informasinya sangat membantu untuk memilih jurusan teknik

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya sangat membantu 🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
  3. Begitu ternyata bedanya. Makasih infonya

    ReplyDelete